Sabtu, 11 Februari 2017

Pengertian Simulasi Digital

Pengertian Simulasi Digital


Simulasi Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.


Pengertian simulasi menurut para ahli :
  • Udin Syaefudin Sa’ud (2005: 129) simulasi adalah sebuah replikasi atau visualisasi dari perilaku sebuah sistem, misalnya sebuah perencanaan pendidikan, yang berjalan pada kurun waktu yang tertentu. 
  • Sri Anitah, W. DKK (2007: 5.22) metode simulasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok. 
  • Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2005) simulasi  adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan (imakan) yang mirip dengan eadaan yang sesungguhnya.

Digital adalah suatu penggambaran dari bilangan satu (1) dan nol (0). Asal mula kata digital sendiri berasal dari kata digitus dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Jari jemari manusia berjumlah sepuluh (10), sepuluh terdiri dari dua angka yaitu satu(1) dan (0) sehingga kedua angka tersebut dijadikan landasan untuk pembentukan nilai digital. Semua sistem komputer bekerja menggunakan bilangan binner yang terdiri dari satu (1) dan nol (0)




Simulasi adalah sebuah cara untuk menduplikasi / penggambaran mengenai ciri, tampilan, maupun karakteristik dari sistem nyata. Ide awal simulasi adalah untuk dapat menirukan suatu sistematis nyata, kemudian dapat mempelajari mengenai sifat dan juga karakter operasional.
dari kedua penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa simulasi digital adalah pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi komputer berbasis web.



Sumber :
http://kalimatmotivasiku.blogspot.co.id/2016/08/pengertian-simulasi-digital-smk-tkj.html
http://lindaayulianasari.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-simulasi-digital.html



-----
smkn1panyingkiran.sch.id
muchamad-eki-sa.blogspot.co.id



0 komentar:

Posting Komentar